Perusahaan Ekspor Impor di Indonesia: Terbaik dan Terpercaya

Perusahaan Ekspor Impor di Indonesia: Terbaik dan Terpercaya

Perusahaan Ekspor Impor– Dalam perdagangan internasional, ekspor menjadi salah satu penyumbang peningkatan perekonomian suatu negara. Sedangkan impor, berkontribusi pada stabilitas pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

Pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu indikator penting dalam perkembangan pembangunan dan sumber daya manusia suatu negara.

Tingkat kemakmuran masyarakat yang tinggi dan stabilnya harga bahan pokok di pasaran menjadi bukti sebagai tumbuhnya perekonomian dalam negeri.

Peningkatan ekonomi yang disebabkan oleh ekspor produk dalam negeri sangat berpengaruh bagi negara yang menganut sistem perekonomian terbuka, seperti Indonesia.

Indonesia telah menganut perekonomian terbuka sejak tahun 1970-an sehingga segala sesuatu yang terjadi di luar negeri sangat berdampak bagi perekonomian dalam negeri.

Dengan adanya ekspor dan impor, Indonesia dapat memposisikan diri sebagai negara yang memiliki perekonomian baik di mata dunia.

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2021 nilai ekspor Indonesia mencapai US$ 231,54 miliar dan nilai impor mencapai US$ 546,27 juta.

Dengan besaran nilai ekspor dan impor tersebut, tentu menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

Pengertian Ekspor dan Impor

pengertian ekspor impor

Ekspor

Ekspor merupakan kegiatan mengeluarkan dan mengirim barang dari suatu negara ke negara lain dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspor dimaknai sebagai pengiriman barang dagangan ke luar negeri.

Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan, Ekspor didefinisikan sebagai kegiatan mengeluarkan barang dari Daerah Pabean.

Barang yang dikirimkan tidak harus berbentuk suatu produk, melainkan dapat berupa jasa maupun sumber daya manusia.

Secara singkat, ekspor berarti suatu bentuk pengiriman barang, jasa, atau sdm dari suatu negara ke negara lain.

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh suatu negara apabila ada pesanan dari luar negeri atau kemampuan produksi dalam negeri yang berlebihan. Sebagai contoh : pada tahun 2021, produksi kopi Indonesia mencapai 795 ton dengan besaran konsumsi 370 ton.

Impor

Impor merupakan suatu kegiatan memasukan barang dari luar negeri kedalam negeri dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan ataupun mendapat keuntungan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), impor dimaknai sebagai pemasukan barang dan sebagainya dari luar negeri. Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan, Impor didefinisikan sebagai kegiatan memasukan barang ke dalam Daerah Pabean.

Sama seperti ekspor, bentuk yang dapat diimpor dapat berupa barang, jasa, ataupun sumber daya manusia.

Singkatnya, impor merupakan suatu kegiatan memasukan barang, jasa, atau sdm dari luar negeri ke dalam negeri.

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh suatu negara apabila produsen dalam negeri tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat maupun tingginya tingkat permintaan lokal.

Perusahaan Ekspor Impor di Indonesia

Perusahaan Ekspor Impor di Indonesia

Besarnya potensi produk domestik Indonesia, membuat para pengusaha lokal berinisiatif untuk membuat perusahaan yang berfokus pada pemberian jasa ekspor dan impor.

Jasa yang diberikan dapat berupa pengiriman ataupun pencarian buyer dan supplier dari luar negeri dan dalam negeri.

Selain itu, ketatnya regulasi dalam melakukan kegiatan ekspor impor membuat para pengusaha berinisiatif untuk membuat perusahaan jasa ekspor impor yang berbadan hukum.

Sebagaimana kita ketahui bahwa persyaratan utama dalam melakukan ekspor dan impor adalah perusahaan wajib berbadan hukum.

Secara hukum nasional, badan usaha dibagi menjadi 2, yaitu: berbadan hukum dan tidak berbadan hukum.

Mengenali perusahaan itu berbadan hukum atau tidak, cukup mudah. Apabila ia berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, Yayasan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) berarti berbadan hukum. Sedangkan usaha perseorangan, persekutuan perdata, firma, dan CV adalah perusahaan tidak berbadan hukum.

Berikut beberapa perusahaan ekspor impor yang telah berbadan hukum di Indonesia:

1. PT. Triton Nusantara Tangguh (Mister Exportir)

Perusahaan ekspor impor di Indonesia yang pertama adalah PT. Triton Nusantara Tangguh atau biasa dikenal dengan Mister Exportir.

Mister Exportir merupakan perusahaan freight forwarding  yang memberikan jasa pengiriman barang keluar dan ke dalam negeri, berlokasi di Cimanggis, Depok, Indonesia.

Perusahaan ini memiliki beberapa pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen, antara lain: undername, door to door, dan door to port.

Undername berarti seluruh pengurusan dokumen persyaratan ekspor impor mengatasnamakan perusahaan Mister Exportir. Sedangkan door to door dan door to port itu layanan pengiriman barang seperti JNE, JNT, dan Pos Indonesia, tetapi yang membedakan adalah ini antar negara bukan domestik dalam negeri.

Pengecekan harga pengiriman di perusahaan ini dapat dilakukan melalui aplikasi xportir untuk berat 50kg ke atas dan smallpaket untuk berat 50 kg ke bawah.

Tidak hanya memberikan jasa pelayanan, Mister Exportir juga memiliki kelas penggembangan masyarakat Indonesia yang dikenal dengan Export  Class.

Untuk info lainnya, silahkan kunjungi www.misterexportir.com dan untuk jasa impor bisa kunjungi www.masterimportir.com

2. Wilopo Cargo

Wilopo Cargo merupakan perusahaan forwarder ekspor impor China-Indonesia, terletak di Penjaringan, Jakarta Selatan.

Perusahaan ini memiliki aplikasi fitur yang cukup baik, salah satunya adalah Live Tracking, yaitu dapat mengetahui posisi pengiriman barang yang kita pesan.

Selain itu, Wilopo Cargo memiliki tim tersendiri untuk berkomunikasi dengan konsumen yang disebut Customer Relation.

Wilopo Cargo juga memiliki beberapa pelayanan yang ditawarkan kepada konsumen, antara lain: LCL by Sea, LCL by Air, FCL, dan Jasa Titip Transfer.

LCL by Sea merupakan jasa pengiriman melalui jalur laut yang dilakukan dengan pengiriman yang lebih kecil didalam satu container bersama pengiriman lainnya sedangkan LCL by Air menggunakan udara atau pesawat.

FCL atau singkatan dari Full Container Load merupakan jasa pengiriman impor barang dengan satu container full sehingga anda dapat mengirim semua barang anda tanpa tercampur dengan barang orang lain.

3. Tri Perkasa Express

Tri Perkasa Express merupakan perusahaan logistik jasa ekspor impor freight forwarder yang terletak di Surabaya, Indonesia.

Perusahaan ini memiliki beberapa pelayanan, antara lain door to door, dan air/sea shipment. Selain itu, Tri Perkasa Express juga memberikan pelayanan lisensi dan dokumen persyaratan.

Visi utamanya adalah menjadi perusahaan logistik nomor 1 di Indonesia dan memiliki global market di masa depan. Sedangkan misinya adalah prioritas konsumen, transparansi, cepat dan excellent, serta terintegrasi sistem secara detail.

4. 3S Prime Continental (3SPC Cargo)

3S Prime Continental (3SPC Cargo) adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman dan penerimaan barang ekspor dan impor.

Pada  tahun 2005 perusahaan ini didirikan oleh para staf profesional yang telah berpengalaman di bidang industri pengiriman barang antar negara selama bertahun-tahun.

Perusahaan ini memberikan pelayanan angkutan udara, angkutan laut, asuransi, dan pergudangan. 

Visi yang digagas adalah menjadi penyedia jasa barang dan logistik dengan pelayanan yang sangat luas dan misinya adalah memberikan solusi terbaik kepada pada pelanggan melalui sumber daya manusia yang berkompeten serta menjadi berkat bagi semua pihak yang memiliki kepentingan di dalam perusahaan. 

5. PT. Dira Pratama ExpressIndo

Perusahaan ekspor impor yang terakhir adalah PT. Dira Pratama ExpressIndo, sebuah perusahaan jasa spesialis ekspedisi dan pengiriman barang kargo murah di Indonesia.

Berbeda dengan perusahaan lainnya, PT Dira Pratama ExpressIndo ini memiliki berbagai macam pelayanan yang ditawarkan, antara lain: cargo darat/laut, sewa truck cargo, project cargo, cargo container, dan ekspor-impor.

Visi dan misi yang digaungkan perusahaan ini adalah menjadi partner jasa pengiriman terpercaya yang jujur dan amanah serta memberikan kepuasaan terhadap konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *