Pasar Internasional : Pengertian, dan Contohnya

Pasar Internasional : Pengertian, dan Contohnya

Pasar Internasional – Kata “pasar” sudah tidak asing lagi didengar. Tempat orang berbelanja kebutuhan sehari-hari yang selalu ramai dikunjungi.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang tinggal di dekat pasar, entah tradisional maupun modern. Beberapa lagi mungkin melewati suatu pasar saat hendak pergi bekerja di pagi hari.

Nah, pasar yang sering kali kamu temui dan lewati ini mungkin berupa pasar lokal. Akan tetapi, berdasarkan jangkauannya, pasar dibagi ke beberapa bagian, mulai dari pasar daerah hingga pasar internasional.

Pengertian Pasar

Pengertian Pasar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar diartikan sebagai tempat orang berjual beli. Sedangkan transaksi jual beli disebut dengan perdagangan.

Selain KBBI, UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan juga mendefinisikan pasar sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang bertujuan melakukan transaksi jual beli.

Tak cukup sampai disitu saja, untuk menambah pemahaman kamu tentang pengertian dari pasar, para ahli juga ikut serta memberikan definisi sesuai dengan keahlian mereka.

1. Kotler dan Amstrong

Kotler dan Amstrong mendefinisikan pasar sebagai suatu kesatuan jumlah pembeli yang aktual dan potensial dari sebuah produk atau jasa. 

2. Kotler

Menurutnya pasar merupakan suatu tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk saling bertukaran barang atau jasa.

3. W.Y. Stanton

Ia mengartikan pasar sebagai suatu tempat yang memiliki tujuan bertujuan untuk merencanakan, menentukan, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa.

4. Philip dan Duncanadan

Mereka mendefinisikan pasar sebagai suatu tempat yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen.

5. H. Nystrom

Menurutnya pasar adalah suatu tempat yang digunakan untuk memberikan barang dan jasa dari seorang penjual ke pembeli. Singkatnya, pasar merupakan tempat transaksi barang dan jasa.

Sejak dahulu kala, pasar memang sudah terkenal sebagai tempat terjadinya transaksi jual beli antara produsen dengan konsumen.

Seiring dengan perkembangan zaman, pasar kini telah berkembang dari sistem jual belinya hingga transaksi pembayaran. Misalnya, dahulu sistem bayarnya menggunakan uang cash sedangkan sekarang dapat melalui e-money atau transfer antar bank.

Secara spesifik, dahulu kala pasar juga belum ditentukan memiliki spesifikasi khusus seperti yang terjadi pada saat ini, pasar buah khusus untuk buah, pasar elektronik khusus untuk barang elektronik.

Dilihat dari luas jangkauannya, pasar dibagi menjadi 4, yaitu: pasar daerah, pasar lokal, pasar nasional, dan pasar internasional.

Pasar daerah berarti tempat jual beli produk yang dihasilkan oleh daerah tertentu, pasar lokal berarti tempat jual beli produk yang dilakukan oleh dan dari produk suatu kota tertentu, sedangkan pasar nasional sama dengan jenis pasar sebelumnya, tetapi jangkauannya lebih luas hingga tingkat nasional.

Untuk pengertian dari pasar internasional, akan dibahas pada bab tersendiri beserta ciri-ciri dan contohnya.

Apa itu Pasar Internasional?

Pengertian Pasar Internasional

Pasar internasional merupakan pasar yang cakupan pemasarannya meliputi seluruh wilayah kawasan dunia. Cakupan yang dijangkau berupa negara dengan negara atau antar benua, contoh: Amerika dengan Indonesia.

Fungsi dari pasar internasional ini sebenarnya sama dengan pasar pada umumnya yaitu terjadinya interaksi sosial antar individu dengan individu lainnya.

Dalam segi ekonomi, pasar berfungsi meningkatkan dan menstabilkan perekonomian negara. Seorang penjual menjadi supplier dan pembeli menjadi konsumen.

Adanya hubungan timbal balik antara supplier dan konsumen menjadi tujuan utama keberadaan suatu pasar di suatu daerah.

Dalam kaitannya internasional, pasar jelas berbeda yaitu negara dengan negara. Keberadaan pasar internasional akan sangat menguntungkan bagi perekonomian dalam negeri.

Hal ini dibuktikan dengan adanya ekspor dan impor, misalnya saja Indonesia. Negara ini telah berhasil memasarkan kopi di dunia internasional dengan nilai yang sangat fantastis.

Sebagai bukti, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa pada tahun 2020 nilai ekspor kopi Indonesia mencapai US$ 809,2 juta.

Keuntungan ini dapat digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk pemulihan perekonomian dalam negeri yang memang kebetulan pada 2 tahun terakhir ini terjadi pandemi covid-19.

Ciri-Ciri Pasar Internasional

ciri-ciri pasar internasional

Berdasarkan luas jangkauannya, pasar internasional memang hanya membedakan sektor pasar, jarak, dan besaran dari transaksi jual beli.

Pada umumnya, pasar memiliki ciri-ciri yang sama, entah ia pasar daerah, lokal, nasional, maupun internasional.

Nah, untuk penjelasan lebih rinci terkait ciri-ciri dari pasar internasional, silahkan simak penjelasan berikut ini!

1. Ada Pembeli dan Penjual

 Sejak awal pengertian pasar itu sendiri juga telah diketahui bahwa yang dinamakan dengan pasar pasti adanya seorang supplier (penjual) dan konsumen (pembeli)

Meskipun sudah menjadi ciri khas dari pasar, pembeli dan penjual juga sebagai syarat terjadinya transaksi untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya saja definisi menurut Nystrom, pasar sebagai tempat penyaluran barang dan jasa sesuai kebutuhan konsumen.

2. Terdapat Produk yang Ditawarkan

Seperti ada umumnya, kegiatan di pasar yang dilakukan oleh seorang penjual untuk menawarkan produk kepada konsumen dan seorang pembeli mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pada umumnya, produk tersebut berbentuk barang atau berwujud fisik, seperti sabun, sampo, dan meja. Akan tetapi, dalam dunia perdagangan bukan hanya sebatas produk barang ataupun berbentuk fisik melainkan dapat berupa suatu jasa tertentu.

3. Terdapat Permintaan dan Penawaran

Dalam kaitan jual beli, tentu adanya suatu produk tergantung pada permintaan konsumen dan terjadinya penawaran apabila seorang supplier telah menyediakan produk untuk ditawarkan.

Permintaan tersebut bisa langsung oleh seorang konsumen terhadap penjual ataupun seorang penjual melakukan market research produk yang dibutuhkan masyaraka.

5. Ada Interaksi antara supplier dan buyer

Interaksi yang dimaksud disini dapat berupa langsung maupun tidak langsung. Dikatakan langsung apabila seorang konsumen mendatangi suatu pasar di tempat tertentu. Sedangkan tidak langsung, suatu konsumen memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, misalnya: seorang yang membeli baju dari aplikasi online shopee atau tokopedia. Nah, karena tidak terdapat interaksi face to face antara penjual dan pembeli maka disebut interaksi tidak langsung

Contoh Pasar Internasional

Contoh

Setelah memahami pengertian pasar internasional, mungkin akan timbul pertanyaan terkait contoh dari pasar internasional itu sendiri.

Untuk memperdalam pengetahuan kamu, berikut pembahasan terkait contoh dari pasar internasional.

1. Pasar Tembakau, Bremen, Jerman

Contoh pasar internasional yang pertama adalah pasar tembakau yang berada di Bremen, Jerman. Indonesia juga memiliki pasar tembakau terbesar, tepatnya di daerah Sumedang. 

Saat ini, kebijakan pemerintah atas gedung lelang tembakau di bremen, jerman itu diubah menjadi gedung legacy tembakau dan tidak boleh dibongkar. Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dalam negeri.

2. Pasar Karet di New York, Amerika Serikat

Amerika serikat juga memiliki pasar karet internasional, tepatnya terletak di New York. Penjualan ritel di negara paman sam ini naik 0,7 % pada Agustus 2021 dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Selain mengekspor karet ke luar negeri, ternyata kebutuhan dalam negeri terhadap karet ternyata cukup tinggi sehingga mengharuskan produksi yang jauh lebih besar dari waktu ke waktu.

3. Pasar Wol, Sydney, Australia

Contoh dari pasar internasional yang terakhir adalah pasar wol di Sydney, Australia. Negara yang terkenal dengan hewan kanggurunya ini ternyata menjadi salah satu negara yang memiliki pasar internasional.

Nilai jual wol ini cukup tinggi. Pasalnya, meskipun volume penjualan turun harganya tetap meningkat.

Dengan penjelasan di atas, kamu sudah dapat memahami pengertian, tujuan, dan contoh dari pasar internasional. Ternyata, terdapat banyak pasar internasional di seluruh dunia.

Jika kamu ingin mengimpor suatu produk/barang yang berasal dari pasar internasional luar negeri, seperti wol dari australia, kamu bisa menggunakan jasa Master Importir.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi www.masterimportir.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *