Sebagai negara berkembang, Indonesia masih harus membenahi diri sendri terkusus dalam faktor pemenuhan kebutuhan primer, sekunder ataupun tersier. Indonesia saat ini masih dalam dunia industri ke dua yang lebih memfokuskan dalam memproduksi komdita pertanian, perkebunan dan peternakan dan secara sedikit demi sedikit terus merangkak ke proses selanjutnya ke dalam dunia industri yang berfokus pada hasil bahan jadi dan siap pakai.

Tentunya di jaman digital dan serba canggih saat ini, Indonesia tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya dengan hanya bergantung pada hasil alam yang belum di proses lanjut. Maka dari itu Indonesia perlu melakukan aktivitas import dari berbagai negara khususnya dari negara amerika.

Komoditas Impor Indonesia Dari Amerika Serikat

Sebagai negara pemenang perang dunia ke-dua Amerika memiliki kekuatan ekonomi yang besar dari mulai negara ini merdeka, saat ini amerika menjadi negara adikuasa yang sangat berpengaruh eksistensinya bagi negara negara lain di seluruh dunia, hal ini termasuk dalam segala bidang kehidupan yang ada.

Sebagai negara maju, banyak sekali produk dengan teknologi tinggi yang belum dapat di produksi di negara berkembang atau pun produk yang memang di impor karena digemari sebagai buatan amerika. Hal ini sangatlah lumrah terjadi, ditambah lagi dengan adanya westernisasi yang berkembang di seluruh dunia membuat produk dari negara amerika sangat digemari karena dianggap lebih keren oleh penggemarnya.

Selain karena produk yang digemari, Indonesia juga banyak melakukan impor dari negara amerika untuk kebutuhan bisnis dalam hal pengadaan bahan baku terutama bahan bahan yang tidak dapat di produksi oleh perusahaan lokal di Indonesia, membuat arus lalu lintas barang impor dari amerika terus mengalir.

Perlu kita ketahui barang apa saja yang sering di impor oleh Indonesia yang berasal dari amerika, dan untuk apa yah kira kira produk ini di impor ? mari kita bahas di bawah ini

7 Komoditas Impor dengan nilai tertinggi dari Amerika Serikat

Ke-tujuh komoditas ini admin susun sesuai dengan nilai total tertinggi yang diambil dari website trademap.org, trademap adalah sebuah situs yang di bawahi oleh World Trade Organization (WTO) sebagai sumber data transaksi berbagai negara di seluruh dunia.

 

1. Produk Garment

garmen ini merupakan sebuah pabrik pakaian atau tekstil yang memproduksi berbagai macam dan jenis pakaian untuk diperjual belikan kembali sehingga karyawan yang bekerja pada garment ini terbilang sangat banyak. Dan untuk proses pengerjaan pembuatan pakaian atau tekstil pada garmen ini terbilang sangat cepat dan juga rapi serta di dukung oleh beberapa mesin jahit yang sangat modern.

Komoditas Impor Indonesia Dari Amerika Serikat

Produk produk ini di impor ke Indonesia dengan tujuan bahan baku pembuatan pakaian dan fashion, hal ini tidak berarti Indonesia belum bisa memproduksi garment, namun produk ini di impor untuk menekan biaya produksi perusahaan perusahaan pakaian jadi di Indonesia, kenapa bisa? Ya, hal in tentu dapat menekan biaya produksi karena harga garment yang dijual amerika serikat dapat lebih murah dari Indonesia, hal ini disebabkan oleh efisiensi produksi yang dilakukan amerika saat memproduksi garment sehingga dapat menekan harga jual dari produk produk ini.

2. Karet Sintetis

Karet sintetis / karet sintetik mulai dikembangkan sejak permintaan karet alam sebagai bahan baku tidak mampu lagi untuk memenuhi permintaan. Karet sintetis ini juga muncul karena adanya kebutuhan karet dengan kualitas yang lebih tinggi serta kebutuhan harga karet yang lebih kompetitif.

Menghadapi kebutuhan akan semakin meningkatnya kualitas produk jadi karet serta kondisi persaingan yang semakin ketat, sebuah perusahaan dari Jerman yaitu Bayer & Co dengan ahli kimia pada saat itu Fritz Hofman telah berhasil mengembangkan karet yang diproduksi secara sintetis pada tahun 1909.

Komoditas Impor Indonesia Dari Amerika Serikat

Fritz Hofman bersama dengan Bayer & Co. mulai dari  tahun 1906 mulai melakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan berbagai industri pada saat itu seperti kebutuhan akan produk karet yang tahan panas, tahan minyak serta masih banyak lagi kelebihan yang dibutuhkan, dan dalam waktu kurang dari tiga tahun yaitu tahun 1909 mereka telah mempatenkan hasil penelitian dan rancangannya yaitu “Procedure for the manufacture of synthetic rubber” / prosedur pembuatan karet sintetis. Dan 1 abad kemudian yaitu pada tanggal 12 September ditetapkan sebagai Hari Karet sedunia.

Saat ini lebih dari 20 jenis karet sintetis / karet sintetik terdapat di pasaran dunia, terbuat dari bahan baku yang berasal dari minyak bumi, batu bara, minyak, gas alam, dan asetilena. Karet-karet sintetis ini biasa disebut dengan kopolimer, yaitu polimer yang terdiri dari lebih dari satu ikatan monomer.

3. Sepatu

Ya, di urutan ketiga ini sepatu menjadi produk yang banyak d impor dari amerika srikat dan masuk ke negara Indonesia. Produk ini sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia ditambah pada saat ini sneakers sebagai salah satu dari jenis sepatu menjadi kebutuhan mendasar untuk melakukan aktivitas di luar ruangan yang dianggap sebagai pakaian semi formal.

Komoditas Impor Indonesia Dari Amerika Serikat

Banyaknya perusahaan global yang memproduksi berbagai peralatan olahraga khususnya sepatu seperti Nike, Adidas, Catterpilar dan lain lainya membuat produk dari amerika ini sangat diminati oleh kaum muda di Indonesia.

Dengan nilai impor 1.556.000 USD di tahun 2017, sepatu menjadi produk yang sering sekali di impor Indonesia dari amerika seritan di urutan ke tiga

4. Peralatan Elektronik

Peralatan dan barang elektronik dalah suatu barang yang dirangkai untuk membantu aktivitas manusia yang menggunakan sistem elektronika dimana barang ini memerlukan sumber energi untuk melakukan fungsinya terutama eneri listrik.

Komoditas Impor Indonesia Dari Amerika Serikat

Dengan komponen yang rumit negara kita belum bisa memenuhi kebutuhan dengan mandiri akan produk elektronik ini, kebanyakan perusahaan elektronik di Indonesia masih memerlukan bahan bahan impor untuk melakukan perakitan menjadi barang jadi. Maka dari itu produk ini menjadi barang yang sangat banyak di impor Indonesia dari negara amerika serikat, hal ini dikarenakan kepercayaan masyarakat Indonesia akan barang dari negara maju ini.

5. Ikan dan Makhluk laut Bercangkang

Produk perikanan menjadi urutan ke lima dari urutan produk yang terbanyak di impor dari amerika serikat dengan nilai impor 1,271,336 USD .

Komoditas Impor Indonesia Dari Amerika Serikat

6. Furniture

Furniture menjadi barang yang banyak di impor selanjutnya, hal ini dapat di jelaskan karena produk produk furniture dari amerika terbuat dari serat ayu yang membuat berat furniture ini lebih ringan dan menjadikan barang menjadi murah.

Komoditas Impor Indonesia Dari Amerika Serikat

Menjadikan kesempatan ini di gunakan para pebisnis yang membutuhkan produk furniture untuk propertinya.

7. Bahan Kimia

Bahan kimia menjadi barang yang akan kita bahas terakhir dan menjadi urutan ke tujuh, bahan kimia di impor oleh Indonesia pada umumnya digunakan untuk bahan baku pembuatan berbagai macam obat yang disebarluaskan di Indonesia.

Komoditas Impor Indonesia Dari Amerika Serikat

Diatas adalah barang barang yang banyak di impor dari amerika, namun perlu diketahui aktivitas impor hanya dapat dilakukan oleh pihak yang memiliki pengalaman dalam melakukan hal tersebut, untuk kelancaran impor kami menyediakan jasa undername import dari negara amerika, untuntuk info lebih mendalam ilahkan untuk mengubung hotline dari Master Importir di nomor whatsapp 082297952975

 

 

Leave a Comment