10 Barang Import China yang Laku Keras di Indonesia

10 Barang Import China yang Laku Keras di Indonesia

 

Berbicara barang import yang masuk ke Indonesia, pastinya sangat banyak dong. Entah yang sudah berbentuk produk ataupun perlu dikelola kembali.

Barang-barang tersebut  berasal dari beberapa negara di dunia, seperti: China, Singapore, Amerika, dan Jepang.

 Nah, pada artikel kali ini akan dibahas tentang 10 barang import china yang laku keras di Indonesia. Tetapi, sebelum itu mari kita bahas negaranya terlebih dahulu.

China Sebagai Pengekspor Terbesar Dunia

Negara China

Siapa yang tak kenal dengan negara China? Negara yang terkenal dengan “Tirai Bambu” ini akan menjelma sebagai negara dengan perekonomian terbesar dunia menyusul Amerika Serikat.

Peningkatan perkembangan ekonomi negara tirai bambu ini salah satunya disebabkan oleh meningkatnya permintaan global atas produk dalam negeri.

Dengan besarnya permintaan global tersebut, China menjadi negara eksportir terbesar dunia pada tahun 2020 yaitu mencapai US$2.591,12 miliar atau hampir dua kali lipat nilai ekspor Amerika Serikat.

Mengapa China menjadi Eksportir Terbesar Dunia?

Eskpor China

Keberadaan negara china di posisi teratas sebagai negara eksportir terbesar dunia tentu dengan adanya beberapa faktor dan alasan. Berikut hal-hal yang menjadikan China sebagai eksportir terbesar dunia :

  1. Harga Produk yang Terjangkau

Salah satu kepintaran China dalam memasok produk ke dunia perdagangan internasional selalu sesuai dengan kapasitas kemampuan masyarakat suatu negara tujuan.

Apalagi di Indonesia, keberadaan barang murah dan berkualitas tentu akan menjadi incaran setiap kalangan masyarakat negeri ini.

  1.  Memiliki Kualitas yang Baik

Berbicara kualitas, memang sudah tak diragukan kembali. Pasalnya, alasan utama masyarakat Indonesia membeli dan menggunakan produk china ialah dari segi kualitas yang baik.

  1. Fitur yang Kekinian

Dalam segi teknologi, produk-produk China memberikan fitur yang sangat menarik apalagi di bidang kamera/lensa. Tetapi, ada beberapa yang memiliki kekurangan atau hanya sekedarnya saja.

  1. Mudah Digunakan

Kemudahan dalam pemakaian produk China atau yang dikenal saat ini sebagai “User Friendly” menjadi suatu kelebihan tersendiri. Pasalnya, negara tersebut dapat memberikan pengalaman luar biasa bagi para penggunanya dan laris manis di pasaran.

10 Barang Import China yang Laku Keras di Indonesia

10 Barang Import China yang Laku Keras di Indonesia

  1. Elektronik

 

Elektronik menjadi barang import yang paling laku di Indonesia. Bagaimana tidak? dengan kelebihan-kelebihan yang diberikan dan sesuai budget ini, wajar menempati posisi pertama barang import china yang laku keras di Indonesia.

Beberapa produknya ialah Televisi, Laptop, Handphone dengan berbagai merek seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan masih banyak lainnya.

  1. Fashion

Barang import china yang paling laris di Indonesia adalah fashion. Pakaian, sepatu hingga tas sangat diminati di Indonesia. Pasalnya, produk-produknya dapat menyamakan brand ternama Amerika dan sangat detail.

Jika disuruh memilih antara produk Amerika atau China, tentu masyarakat Indonesia akan memilih produk China, selain karena kemiripannya, harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dibanding produk Amerika.

  1. Peralatan Medis

Barang import China yang laku keras di Indonesia selanjutnya adalah peralatan medis. Dengan kualitas dan harga yang terjangkau, Indonesia memilih untuk mengimpor kebutuhan medis dari China, bahkan produk-produknya banyak dijual di pasaran.

  1. Mighty Mud

Produk selanjutnya yang laku keras di Indonesia adalah Mighty Mud. Benda sejenis souvenir ini biasanya berbentuk lucu dan unik sehingga menarik untuk dibeli. Selain itu, digunakan sebagai souvenir pernikahan sehingga banyak diminati.

  1. Mainan Anak-anak

Barang import yang laku keras di Indonesia selanjutnya adalah Mainan Anak-anak. Tingginya keinginan anak untuk memiliki mainan menjadi salah satu alasan negara China produksi barang-barang tersebut.

  1. Perabotan Rumah Tangga

Memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan, perabotan rumah tangga asal China seperti pemasak nasi, panci, dan wajan membanjiri pasar Indonesia. Permintaan import produk-produk tersebut terus meningkat dari hari ke hari.

  1. Obat-obatan

Obat-obatan juga menjadi salah satu produk yang laku keras di Indonesia. Banyak dari masyarakat Indonesia merasakan khasiat pengobatan China bahkan sembuh dari penyakitnya. Maka, tak heran jika diminati banyak orang.

  1. Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi asal China banyak diminati di Indonesia. Bagi seseorang yang telah menikah tentu memiliki banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi, maka produk asal negara tirai bambu ini menjadi pilihan karena harganya yang sangat terjangkau.

  1. Lampu LED

Lampu LED banyak diminati kalangan muda Indonesia. Biasanya digunakan untuk menghias ruangan ataupun kamar tidur. Keunikan yang dimiliki produk China seperti dapat dikontrol remote melalui HP memudahkan penggunanya dalam pengoperasian benda tersebut.

  1. Mobil

Dalam dunia otomotif, mobil buatan China telah menguasai pasaran Indonesia. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat menarik dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan negara lainnya.

 

Alasan Indonesia Import barang dari China

Import barang china

  1. Keterbatasan SDM

Minimnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam negeri, menjadi alasan utama Indonesia mengimport barang dari China. Terutama di bidang otomotif, keterbatasan sumber daya yang juga mencakup alat dan peralatan seperti suku cadang, mesin, komponen penting dan masing banyak lainnya.

  1. Konsumsi dalam Negeri Tinggi

Alasan kedua Indonesia import barang dari China adalah Konsumsi produk dalam negeri yang tinggi. Kualitas dan harga yang sangat terjangkau membuat pembelian atas produk China dalam negeri meningkat.

  1. Hubungan Bilateral

Antara Indonesia dan China memiliki hubungan bilateral yang baik, adanya keuntungan yang didapatkan keduanya menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia mengimport barang dari China.

  1. Daya Saing Dalam Negeri Rendah

Produk dalam negeri yang belum mampu bersaing di kancah internasional bahkan antar produk lokal satu sama lainnya masih sangat rendah.

Hal ini juga menjadi suatu yang perlu diperhatikan pemerintah guna meningkatkan kualitas produk karya anak bangsa. Padahal, jika dilihat dari segi kualitas, sudah cukup baik untuk kalangan masyarakat Indonesia.

  1. Rendahya Minat Investor Asing

Investor asing yang ada di Indonesia ternyata memiliki manfaat yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia terutama di bidang ekspor-import. Dengan kucuran dana kepada industri lokal dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sehingga meningkatkan minat jual terhadap barang produksi tersebut.

 

Dampak Import Barang China Bagi Indonesia

Impor Barang

           Segala sesuatu pasti memiliki dampak yang positif maupun negatif. Dalam kaitan import barang China ke Indonesia, lebih berdampak kepada hal yang negatif. Lho! Kok bisa? Berikut alasannya:

  1. Dapat Membunuh Industri Dalam Negeri

Pertumbuhan industri dalam negeri yang terus meningkat seiring waktu, menggambarkan bahwa saat ini SDM Indonesia telah mampu memenuhi kebutuhan lokal walaupun belum secara utuh.

Tetapi, kebijakan import barang asal China, dianggap memudahkan dalam masuknya barang tersebut sehingga dapat membunuh industri dalam negeri.

  1. Devisa dalam Negeri Menurun

Dengan konsumsi barang yang berlebihan akan berdampak pada devisa dalam negeri. Nilai valuta asing Indonesia akan terus tergerus dengan keberlangsungan import yang tak kondusif.

  1. Menguntungkan Negara China

Besarnya nilai import barang asal China, membuat keuntungan besar bagi negara tirai bambu tersebut dan ini akan berdampak kepada kerugian dalam negeri yang apabila barang-barang import tersebut tak laku terjual di Indonesia atau terjadi kerusakan di dalamnya.

Untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang import, kamu bisa kunjungi website kami di www.masterimportir.com!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *